Mengatasi Permasalahan dalam Public Speaking

Banyak orang yang mengalami kesulitan dalam speaking, misalnya merasa gugup, grogi, merasa tidak bisa, takut salah ngomong, takut ‘nge-blank’ dan sebagainya. Disini bakal ada kasih tau apa aja si trik dalam public speaking :

1. Persiapan dalam public speaking.
Woww….Who does’t prepare first for speaking? Persiapan penting banget bro, sebelum speaking kita harus persiapin materi, tema, topik, kondisi fisik dan yang paling penting latihan! “Practice makes perfect, doesn’t it ?”

2. Teknik Pembuka public speaking,
Disini banyak banget cara membuka public speaking, tapi yang paling favorit itu membuka dengan cerita pendek, humor atau ungkapan lucu dan langsung mengemukakan inti materi yang akan disampaikan.

3. Teknik vokal dalam public speaking.
Teknik vokal disini berbicara tentang intonasi yang benar guys, stressing pada kata/kalimat tertentu. Pelan saat permulaan dan akhiran (volume), mainkan kecepatan berbicara biar gak monoton hehe, tapi perhatikan juga pronunciation nya guys.

4. Penyampaian materi public speaking.
Takut lupa materi? takut nge-blank saat tampil ? nih caranya guys. Kita bisa menggunakan alat bantu visual  seperti infocus, atau membawa notes, atau juga memorize teks yang sudah kita persiapin guys. Tapi gak lupa selalu practice biar sempurna saat tampil hehe

5. Teknik menutup public speaking.
Nah ini dia point penting, saat kita mau menutup speaking jangan lupa member signal kalau kita mau menutup speaking kita. Contohnya “Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat, dan mohon maaf jika ada yang tidak berkenan,salam”

Nah itu dia guys 5 teknik dalam mengatasi permasalahan dalam public speaking, ulasan selanjutnya bakal ane bahas di blog-blog selanjutnya, insyaallah hehe

0 comments:

Post a Comment