Knowing And Doing

Perbedaan dari 2 kata diatas cuma dilihat dari beberapa huruf, tapi kalo dilihat dan dibahas secara jelas dan detail itu bisa sangat significant perbedaannya. Banyak orang yang gagal paham dengan knowing and doing, mereka tau itu apa tapi mereka tidak tau bagaimana cara melakukannya.

Contohnya di English Studio, ada siswa yang sudah belajar IELTS selama hampir 7 bulan, dia tau semua materi IELTS dan method untuk belajar IELTS, tapi dia tidak tau harus diapakan agar bisa mengimprove skill IELTS nya. Walaupun dia tau bagaimana IELTS dan bagaimana alur IELTS itu, tapi dia masih kebingungan harus memulai lagi dari mana dan apa yang harus dihindari agar tidak kehilangan materi-materi IELTS.


Bagaimana si konsep knowing dan doing?

2 konsep ini membahas juga tentang prosedur dan konsep dalam pembelajaran. Tapi yang mana yang lebih dulu, knowing atau doing? Keduanya hampir sama persis, tapi permasalahannya adalah bagaimana cara menggabungkan antara kedua konsep tersebut. IELTS takers banyak sekali mengalami hal seperti ini, taker yang hanya mempunyai 1 konsep saja yaitu konsep knowing tapi tidak mengetahui konsep doing. Sebaliknya juga ada, yang hanya mengetahui konsep doing tapi tidak mengetahui konsep knowing.

Dalam IELTS, knowing sendiri itu termasuk kedalam materi dan pembelajaran di 4 skill IELTS, yaitu listening, reading, speaking dan writing, bahkan takers juga mengetahui tips dan triks dalam skill tersebut. Tapi disisi lain takers tidak mengetahui bagaimana melakukannya. Berbeda lagi dengan takers yang tau cara melakukannya dan tidak mengetahui pengetahuan materi apa saja yang ada di IELTS, tidak paham tips dan triks dalam IELTS skills.

Untuk memahami prosedur antara knowing dan doing adalah takers harus memiliki perencanaan dan pengetahuan seperti langkah-langkah, tujuan dan melihat situasi dan kondisi bagaimana kedua konsep ini dijalankan. Well, learning is not just knowing what to do, but doing what we already know.

0 comments:

Post a Comment