Membaca Sedikit Menulis Banyak

"Either write something worth reading or do something worth writing" - Benjamin Franklin

Selalu saja ada cara yang unik di English Studio membuat saya semakin jatuh hati tiada henti. Terutama metode belajar yang semakin hari semakin berkembang, entah itu meningkatkan skill English maupun skill IELTS. Satu hal yang menjadikan saya selalu Pe-de mengajar adalah saya banyak belajar sebelum mentransfer ke siswa-siswa saya. Di periode ini, saya mengajarkan satu skill dari 4 skill IELTS, yaitu reading. Yups, how far do you know about reading? kadang membuat kita buntu alias engga ngerti apapun, apalagi kalo reading akademik, wuiihhh…. . Belum lagi kalo ada siswa yang punya pandangan dan opini tentang meaning reading itu sendiri. Terus bagaimana cara saya atasi masalah seperti itu??

Saya kemudian teringat dengan sebuah postingan coach saya di English Studio Mr.Eddy Suaib,  tentang cara terbaik tentang reading adalah bukan banyak-banyakan bacaan, tapi menuliskannya kembali dengan kata-kata kita sendiri (begitulah kira-kira statusnya). Saya kemudian akhirnya mulai mempraktekkan beberapa hari terakhir ini. Menulis banyak dengan tema yang barusan saya baca. Saya akhirnya mengerti, menulis bukan hanya membuat kita lebih paham bacaan, tapi membuat kita bisa membroaden our horizon kita dalam menulis.

Contohnya aja ketika saya membaca tentang GM food dalam sebuah passage reading, saya kemudian memahami betapa berpengaruhnya GM food dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan ekonomi satu Negara. Dan juga saya sudah mulai tau menggunakan vocabulary-vocabulary yang berkaitan dengan GM food.

0 comments:

Post a Comment